Olahraga Sepakbola merupakan olahraga terpopuler di muka bumi ini, tua muda, anak-anak dan dewasa, kaya miskin, pejabat rakyat, semuanya menyukai sepakbola. Pun demikian halnya dengan para TKI di Arab Saudi, walaupun dalam keterbatasan waktu dan fisik yang sudah tidak muda lagi (rata-rata), hal ini tak menghalangi semangat dan jiwa olah raga yang terpendam di dalam dada mereka.

Sejak para TKI membanjiri negara petro dollar ini, secara alamiah, para TKI pecinta sepakbola berkumpul di lingkungannya masing-masing dan bersepakat untuk bersama-sama bermain sepak bola.

Didukung ketersediaan lapangan sepakbola di Arab Saudi terbilang banyak, baik yang hanya lapangan tanah maupun lapangan rumput. Dalam perkembangannya, lahirlah beberapa klub para TKI, ada yang bersifat kedaerahan maupun profesi.

Ket. Foto: Penyerahan dana bantuan dari KBRI Riyadh kepada PSSTKI, 1 Mei 2015
Dok. Foto: Portal Kita

Antusiasme para TKI pecinta sepakbola begitu tinggi, terbukti dengan jumlah klub yang menjamur dan sering diadakannya sparing atau pun kunjungan persahabatan antar klub, bahkan sampai diadakannya turnamen skala kecil hingga open turnamen.

Kepengurusan sepakbola para TKI di Arab Saudi lahir dari keinginan para ketua klub dan pecinta sepak bola untuk menciptakan sebuah wadah tempat bernaung dan bermusyawarah dalam rangka meingkatkan kebersamaan, kekompakan dan tali silaturahmi sesama TKI pecinta sepak bola di Arab Saudi.

Tanggal pasti dilahirkannya PSSTKI tidak dapat dipastikan, mengingat kepengurusan PSSTKI dari masa ke masa mengalami pergantian dan pengalihan seiring dengan kontrak kerja para pengurus yang telah berakhir atau pindah tempat kerja.

Masa kelam PSSTKI terjadi antara tahun 2010 s/d 2014, dimana dalam rentang waktu tersebut, kepengurusan PSSTKI sempat vakum. Hal ini disebabkan beberapa masalah yang terjadi dalam kompetisi dan kepengurusan yang kurang terorganisir dengan baik di tahun-tahun sebelumnya.

Menjelang akhir tahun 2014, saat hadirnya sebuah perusahaan telekomunikasi asal Indonesia yang melakukan ekspansi ke Arab Saudi, gairah persepakbolaan para TKI kembali bangkit. Dengan dukungan penuh simPATI Saudi produk dari PT. Telin KSA anak perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk., kompoetisi terbuka digelar dengan nama "Turnamen Sepakbola TKI Piala Sahabat Sejati 2015".

Pergelaran turnamen tersebut membuat PSSTKI memasuki babak baru, dimana munculnya nama-nama baru sebagai pengurus PSSTKI. Kehadiran beberapa pengurus baru tersebut memberikan warna tersendiri pada jalannya organisasi, pada tanggal 30 Januari 2015, PSSTKI kembali dibangkitkan dan turnamen tahun 2015 berhasil digelar dengan sukses.

Perhatian dari KBRI Riyadh selaku perwakilan pemerintah RI, melalui Pelaksana Fungsi Pensosbud kembali menjadi pengayom dari oraganisasi para pecinta sepakbola TKI.

Ket. Foto: Ahrul Tsani Fathurrahman, PF Pensosbud KBRI Riyadh saat diwawancarai LiputanBMI, 2 Februari 2015
Dok. Foto: Portal Kita

Kini, PSSTKI membawahi 22 Klub yang tersebar di kota Riyadh dan sekitarnya, tidak kurang dari 400 TKI terdaftar sebagai anggota dan manajemen klub.

Sebagai sarana pusat informasi dan dokumentasi kegiatan, PSSTKI dengan bangga meluncurkan website resmi yaitu PSSTKI.com pada 15 Januari 2016. Dikelola dan dikembangkan oleh kesekretariatan PSSTKI.

Adapun visi dan misi PSSTKI adalah membangun semangat olahraga dan fair play sebagai jiwa TKI dalam ikatan silaturahmi. Melakukan kegiatan postif disela-sela penatnya bekerja di negeri seberang, menciptakan solidaritas antar sesama.

Langkah kedepan, kepengurusan PSSTKI periode 2014-2016 mengharapkan terbangunnya sebuah sistem keorganisasian yang solid dan terintegrasi, sehingga nantinya bisa diwariskan kepada pengurus yang akan menggantinya. Untuk mewujudkan hal tersebut PSSTKI melakukan langkah-langkah pendekatan kepada pihak pemerintah supaya lebih memperhatikan kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan para TKI di luar negeri, khususnya para pecinta olahraga.

PSSTKI, sebagai organisasi mengharapkan terjalinnya komunikasi yang baik diantara sesama pencinta olah raga, tidak hanya sepak bola, tetapi seluruh kegiatan olah raga yang sering dilakukan oleh para TKI, dianataranya: Bola Voli, Badminton dan Futsal. PSSTKI ingin menjadi model terdepan, sebagai sebuah organisasi berbasis hobi, yang mampu mengelola potensi yang dimiliki oleh para TKI.

Salam olahraga!
admin
Riyadh, 15 Januari 2016
(TTG)